ب سم الله الرحمن الرحيم (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam)

ب سم الله الرحمن الرحيم (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam)

Rabu, 28 November 2012

RPP berkaraker ekonomi SMA kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

1.    Identitas
Satuan Pendidikan              :  SMA YPK Tenggarong
Kelas / Semester                  :  X (sepuluh) / 1
Mata Pelajaran/Tema           :  Ekonomi / Kebutuhan manusia
Jumlah Pertemuan (1 KD)   : 2 kali pertemuan

2.      Standar Kompetensi (SK)
 1.   Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan   kebutuhan manusia,  kelangkaan dan sistem ekonomi.
3.      Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia

4.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.      Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan
3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
4.      Mengidentifikasikan berbagai macam barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan

5.      Tujuan Pembelajaran
1.      Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.      Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan
3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
4.      Mengidentifikasikan berbagai macam barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan
 (Menunjukkan sikap yang menampilkan nilai-nilai karakter : religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab dalam kehidupan di masyarakat)

6.      Materi Ajar
Kebutuhan  Manusia
1.      Pengertian kebutuhan manusia
2.      Jenis-jenis kebutuhan manusia
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
4.      Macam-macam barang  pemenuhan kebutuhan manusia

7.      Alokasi Waktu    
  1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Indikator yang ingin dicapai adalah no.1 dan no. 2
  1. Pertemuan kedua ( 2 x 45 menit )
Indikator yang ingin dicapai adalah no. 3 dan no.4


8.      Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan
Kontekstual

  1. Metode Pembelajaran
a.       Diskusi kelompok
b.      Penugasan
c.       Presentasi

9.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Pendahuluan
a.    Guru melakukan kegiatan rutin, yaitu mengucapkan salam, berdoa, mengabsen dan menyiapkan diri belajar (pengembangan nilai-nilai religius dan bersahabat/komunikatif)
b.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan  kompetensi dasar yang akan dicapai.
c.    Guru memberikan motivasi pada siswa tentang pemenuhan kebutuhan sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya
d.   Guru memberikan apersepsi untuk mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Guru bersama-sama dengan siswa menyiapkan buku referensi tentang kebutuhan manusia yang akan digunakan dalam pembelajaran
b.      Guru menugaskan pada peserta didik untuk mengumpulkan fakta-fakta, informasi melalui sumber belajar yang relevan.
c.       Siswa memanfaatkan fakta-fakta dan informasi berdasarkan hasil eksplorasi dengan membuat daftar berbagai kebutuhan siswa sendiri secara tertulis
d.      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
  (nilai karakter yang ditanamkan: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).
Elaborasi
a.       Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b.      Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
c.       Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
d.      Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
e.       Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi berbagai macam barang sebagai alat  pemuas kebutuhan.
  (nilai yang ditanamkan: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).
Konfirmasi
a.       Guru memantau masing-masing kelompok agar seluruh siswa berperan aktif dalam membahas tugasnya.
b.      Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam terhadap keberhasilan siswa.
c.       Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang sopan dan mendidik.
d.      Guru memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekkan hasil eksplorasi
e.       Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
(nilai yang ditanamkan: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).

3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru menugaskan kepada siswa agar mengumpulkan tugas kelompok mereka secara tertulis untuk dipresentasikan di pertemuan berikutnya.
b.       Guru menugaskan kepada siswa sebagai tindak lanjut dengan mempelajari materi yang telah  didiskusikan secara kelompok untuk pertemuan selanjutnya.
c.       Guru melakukan kegiatan rutin sebelum mengakhiri pelajaran yaitu mengucap salam, berdoa, menata bangku/meja, tertib, dll)
  (nilai yang ditanamkan: religius,toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).

Pertemuan Kedua,
  1. Pendahuluan
a.       Guru melakukan kegiatan rutin, yaitu mengucapkan salam, berdoa, mengabsen dan menyiapkan diri belajar (pengembangan nilai-nilai religius dan bersahabat/komunikatif)
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan  kompetensi dasar yang akan dicapai.
c.       Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memberikan pre test dengan tanya jawab tentang pemenuhan kebutuhan  untuk mengetahui pemahaman awal siswa.
d.      Guru memberikan apersepsi untuk mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa

  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Guru bersama-sama dengan siswa menyiapkan buku referensi tentang kebutuhan manusia yang akan digunakan dalam pembelajaran.
   (nilai yang ditanamkan: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).

Elaborasi
a.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapinya.
b.      Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari peserta diskusi
   (nilai yang ditanamkan: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).

Konfirmasi,
a.       Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam terhadap keberhasilan siswa.
b.      Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang sopan dan mendidik.
c.       Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
(nilai yang ditanamkan: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).



  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru memberikan PT berupa kegiatan mengerjakan soal-soal latihan dari LKS
berupa daftar kebutuhan siswa ketika menjalani aktivitas mulai bangun tidur hingga tidur kembali .
b.      Guru menugaskan kepada siswa untuk membuat rangkuman
c.       Guru menginformasikan materi pembahasan yang akan datang
e.       Guru memberikan KMTT kepada siswa dengan membuat daftar kebutuhan siswa dan orang tua siswa kemudian dibuat perbandingan antara kebutuhan siswa sendiri di jaman sekarang dengan daftar kebutuhan orang tua siswa ketika orang tua siswa sekolah dulu.
f.       Guru melakukan kegiatan rutin sebelum mengakhiri pelajaran yaitu mengucap salam, berdoa, menata bangku/meja, tertib, dll)
  (nilai yang ditanamkan :religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab).

10.  Penilaian Pembelajaran
1.  Prosedur Penilaian :
a.       Penilaian Kognitif
Bentuk : Tes/non-tes
b.       Penilaian Afektif
Bentuk:  non tes untuk aspek penilaian karakter
2.       Instrumen Penilaian : Terlampir
3.       Program Tindak Lanjut
a.       Remedial bagi peserta didik yang memperoleh nilai KD <KKM
Ø Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal -soal      uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal -soal).
Ø Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
Ø Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b. Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
      Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal -soal yang bervariasi
      Dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian
      soal -soal)

11.  Sumber Belajar
a.       LKS Ekonomi SMA kelas x semester 1, penerbit CV.SETI-AJI
b.      Modul Ekonomi untuk kelas X, penerbit Dinas Pendidikan Prov. Kalimantan Timur, Samarinda
c.       Ekonomi SMA kelas (penerbit dan pengarang tidak dibatasi)



    
             Mengetahui,                                                                               Tenggarong,  Juli 2012
Kepala  SMA YPK Tenggarong                                                         Guru Mata Pelajaran Ekonomi


Drs. H. Joko Sampurno, M.Si                                                               Sri Astuti, S. Pd
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar